Karakteristik OOP

Karakteristik OOP – Hallo ketemu lagi dengan saya, mari kita bahas artikel kelanjutan dari Apa itu OOP?. kalo kalian belum membacanya silahkan baca dulu artikel sebelum ini biar nyambung and ga salah sambung hehehe….

Seperti pada manusia, OOP juga memiliki karakteristik yang menjadi ciri pada teknik pemprograman ini. Apa saja karakteristik tersebut ? berikut penjelasannya. Cekibroott !!!

  1. Encapsulation ( Pengkapsulan ), merupakan cara menyembunyikan detail informasi dan fungsionalitas yang ada pada suatu class, guna untuk melindungi data agar tidak bisa di akses secara sembarangan oleh program lain. Untuk melakukan hal ini bisa menggunakan visibility keyword private dan protected.
  2. Polymorphisme ( Polimorfisme ), merupakan method yang memiliki nama yang sama tetapi memiliki implementasi dan hasil yang berbeda. Sama halnya dengan makhluk hidup dalam spesies bisa memiliki banyak bentuk contohnya spesies jaguar bisa memiliki dua jenis yaitu jaguar warna terang dan jaguar warna gelap.
  3. Inheritance ( Turunan ), merupakan kemampuan untuk meng-extends (meluaskan/perluas) class yang akan mewarisi semua karakter dari parent classnya.
Karakteristik OOP – Pemprograman OOP di PHP, Framework dan Keuntungannya

Oke, apa kalian sudah mengerti untuk macam-maca karakteristik OOP ? saya harap kalian sudah mengerti dan siap untuk melanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Artikel selanjutnya